You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Bunglai

Kec. Aranio, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan

Desa Terpencil di Banjar Kini Punya BTS


Desa Terpencil di Banjar Kini Punya BTS
MEDIAKITA.CO.ID - Base Transceiver Station atau BTS, kini sudah terpasang dan dinikmati warga di sejumlah desa di Kabupaten Banjar.
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Kabid E-Government, Cornelius Kristianto menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 30 BTS yang terpasang di Kabupaten Banjar.
 
"Ini program dari pemerintah pusat yang menginginkan sistem jaringan teknologi informasi sampai ke wilayah pedesaan dan wilayah terpencil," ujar Kristianto, saat Rapat Koordinasi (Rakor) Mingguan, di Aula Barakat, Martapura, Senin (30/5/22). 
 
Kristianto menambahkan, secara ekonomis provider ini tidak memperoleh keuntungan. Sebab pada dasarnya kata Kristianto, pemasangan BTS di desa terpencil ini adalah untuk menyukseskan program pemerintah pusat, yakni Merdeka Signal. 
 
"Daerah diminta untuk berkontribusi dalam hal perizinan termasuk mengenai lahan BTS kalau bisa sebaiknya dihibahkan,” ucapnya.
 
Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat memimpin Rakor Mingguan, di Aula Barakat, Martapura, Senin (30/5/22). Foto - Istimewa
 
Di Kecamatan Aranio sebut Kristianto, ada empat Desa yang mendapatkan BTS dengan operator Smartfren. Sedangkan operator Indosat ada di 22 desa di Kecamatan Sungai Pinang, Paramasan, Sambung Makmur, Karang Intan dan Matraman. 
 
“Untuk posisi BTS tersebut operator Indosat melakukan survei ke lokasi dan koordinasi dengan pihak terkait. Juga akan segera berdiri BTS di Pematang Danau dan Desa Pasiraman di Kecamatan Cintapuri,” jelasnya.
 
Lebih jauh Ia menyampaikan, BTS juga sudah dapat digunakan di Desa Kalaan dan Desa Pa’au. Sedangkan di Desa Belangian, diharapkan BTS sudah bisa digunakan pada Minggu ini.
 
"Di Desa Bunglai Kecamatan Aranio masih ada hambatan pada administrasi, tetapi sudah di koordinasikan dengan Camat Aranio agar segera diselesaikan,” tutupnya. (tim)
Bagikan artikel ini:
Komentar